10 Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Melalui Media Sosial

1. Mulai dengan Rencana

Setiap strategi bisnis yang baik dimulai dengan rencana yang baik. Pemasaran media sosial untuk bisnis kecil pun demikian. Karena begitu mudah digunakan dan Anda dapat memulai dengan posting organik secara gratis, mungkin tergoda untuk menyelam dan mulai memposting. Tetapi tanpa rencana, Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui apa yang Anda coba capai dengan postingan media sosial Anda, dan tidak ada cara untuk mengukur apakah Anda sampai di sana. Meluangkan waktu untuk membuat rencana media sosial di muka akan memastikan bahwa semua upaya sosial Anda mendukung tujuan bisnis tertentu.

2. Putuskan platform mana yang tepat

Jangan membuat asumsi tentang di mana audiens Anda menghabiskan waktu online mereka. Naluri Anda mungkin memberi tahu Anda bahwa Anda harus melewati Facebook dan fokus pada Instagram dan Snapchat jika Anda menargetkan milenium, tetapi data menunjukkan bahwa 82 persen milenium masih menggunakan Facebook.

3. Kenali audiens anda

Menggunakan media sosial untuk bisnis kecil memungkinkan Anda menargetkan mikro audiens Anda — tetapi pertama-tama Anda perlu memahami siapa audiens Anda. Dengan mengumpulkan data tentang pelanggan Anda saat ini dan kemudian menggali lebih dalam dengan analisis media sosial, Anda dapat mengembangkan gambaran yang kuat tentang siapa yang membeli dari Anda dan siapa yang sudah berinteraksi dengan Anda secara online. Kemudian Anda dapat mengunjungi kembali rencana media sosial Anda untuk memasukkan cara-cara untuk menjangkau lebih banyak orang seperti mereka.

4. Bangun hubungan

Manfaat unik dari media sosial dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya adalah memungkinkan Anda berbicara langsung dengan pelanggan dan pengikut. Anda dapat membangun hubungan dari waktu ke waktu, daripada meminta penjualan di muka. Itulah salah satu alasan mengapa 93 persen orang yang mengikuti bisnis kecil dan menengah di Twitter berencana untuk membeli dari UKM yang mereka ikuti, menurut laporan dari Twitter dan Research Now. Ketika orang-orang terlibat dengan konten atau iklan organik Anda, Anda dapat masuk dan membalas, membantu membangun kepercayaan dan membentuk tahap awal hubungan pelanggan yang bermanfaat

5. Perluas Audiens Anda

Setelah mendominasi ceruk pasar asli Anda, Anda dapat menggunakan alat sosial untuk menjangkau pemirsa baru. Sebagai contoh, perusahaan suplemen gizi GoSupps dimulai sebagai usaha kecil di Uni Emirat Arab. Audiensi aslinya kebanyakan adalah terdiri dari binaragawan. Untuk menumbuhkan bisnis, GoSupps perlu memperluas pemirsanya ke demografi olahraga dan kebugaran yang lebih umum.

6. Bagikan Visual yang Memikat Kapan Anda Bisa

Orang-orang datang untuk mengharapkan posting sosial untuk memasukkan komponen visual. Data internal Twitter, misalnya, menunjukkan bahwa orang tiga kali lebih mungkin terlibat dengan Tweet yang memiliki elemen visual seperti video, foto, infografis, atau GIF. Citra sosial juga mendorong aksi dunia nyata. Lebih dari setengah milenium telah membuat rencana perjalanan atau mengunjungi restoran berdasarkan gambar atau video yang dibagikan teman di media sosial.

7. Fokus pada kualitas daripada kuantitas

Banyaknya pilihan pemasaran media sosial untuk bisnis kecil mungkin tampak luar biasa — tetapi Anda tidak perlu melakukan semuanya. Adalah jauh lebih penting untuk membuat konten berkualitas di beberapa saluran utama di mana Anda benar-benar dapat terhubung dengan audiens Anda daripada kehadiran di setiap jejaring sosial. Yang terpenting, pastikan postingan sosial Anda menawarkan nilai. Jika semua yang Anda lakukan adalah menjual dan menjual, ada sangat sedikit motivasi bagi orang untuk mengikuti Anda. Ingat, pemasaran sosial adalah tentang membangun hubungan. Jadilah manusia. Jujur. Berikan konten yang hebat.

8.Gunakan Tools yang tepat

Rahasia untuk penggunaan media sosial yang efektif adalah dengan memanfaatkan alat yang mengotomatisasi atau menyederhanakan banyak pekerjaan. Ada banyak alat untuk membantu meningkatkan produktivitas Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan pemasaran media sosial untuk bisnis kecil Anda tanpa memiliki tim media sosial skala penuh.

9. Jadwalkan Konten

Kami berbicara tentang membuat kalender konten sosial jauh di awal posting ini. Setelah Anda memiliki kalender itu, Anda dapat membuat posting sosial Anda terlebih dahulu dan menggunakan alat penjadwalan untuk mempostingnya secara otomatis pada waktu yang tepat. Ini memungkinkan Anda mendedikasikan satu blok waktu per hari atau per minggu untuk membuat konten sosial Anda, alih-alih menjadikannya aktivitas yang membuat Anda jauh dari tugas-tugas lain sepanjang hari.

10. Lacak dan perbaiki kinerja anda

Saat Anda menerapkan strategi sosial Anda, penting untuk melacak apa yang berhasil dan apa yang tidak sehingga Anda dapat menyempurnakan upaya Anda dan meningkatkan hasil Anda. Semua alat analisis yang disebutkan di atas memberi Anda gambaran yang bagus tentang upaya sosial Anda dan dapat membantu Anda melacak metrik mana saja yang paling penting bagi Anda.

Source : blog.hootsuite.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *