Cara Memasang Printer Kasir

Pemasangan printer pada UNIQ POS cukup simpel dan kompatibel dengan berbagai jenis printer kasir (bluetooth, wifi, dan USB. Pada tampilan aplikasi POS terdapat beberapa menu, klik menu setting untuk melakukan proses pemasangan printer.

1. menu setting

Pada menu ini terdapat 2 jenis setting printer, pertama “Printer” untuk mengatur printer yang terkoneksi dengan aplikasi POS, kedua “Printer Server” untuk mengatur printer dengan kondisi 1 printer dan harus 2 atau lebih aplikasi yang berhubungan dengan printer tersebut dalam 1 outlet atau 1 area. Klik tombol ADD PRINTER untuk menyambungkan printer dengan system, akan muncul 3 pilihan koneksi (bluetooth, wifi, USB), pilih koneksi yang di gunakanan oleh printer outlet. Sebagai contoh pilih koneksi menggunakan bluetooth.

2. halaman setting

Halaman yang muncul setelah pilih koneksi bluetooth adalah tampilan printer bluetooth yang sudah terkoneksi dengan device / tab. Jika belum ada printer outlet pada halaman ini, user bisa mengkoneksikan dahulu antara printer dengan device pada setting bluetooth device / tab. Pair terlebih dahulu dengan memasukan kode printer bluetooth, kode pairing di dapat dengan menonaktifkan printer lalu klik tombol feed dengan tombol ON printer secara bersamaan. Jika sudah bisa kembali ke halaman setting printer pada POS untuk melanjutkan proses pemasangan printer.

Pada halaman pilih printer terdapat beberapa informasi seperti nama printer, Mac addres printer, dan fitur lainnya. Klik PRINT TEST untuk mencoba apakah printer sudah berhasil terkoneksi dengan device / tab. Klik tombol ADD untuk menambahkan printer pada device jika sudah pasti bahwa printer tersebut adalah printer outlet anda.

3. pilih printer

Selanjutnya akan muncul halaman pengaturan printer, ada beberapa pilihan yang bisa diaktifkan seperti, paper size, print receipt, print order, dan print close shift. Print Receipt adalah nota untuk pelanggan berisi nama produk dan harga, sedangkan Print Order adalah nota untuk dapur berisi pesanan produk dan nama pelanggan. Print Close Shift digunakan untuk mencetak laporan tutup kasir berupa nota. Lalu klik tombol Save Setting (kanan atas) untuk menyimpan pengaturan yang sudah dibuat.

4. pengaturan printer

Proses pemasangan printer bluetooth pada UNIQ POS sudah selesai, printer sudah bisa di gunakan dan akan otomatis mencetak nota saat dinyalakan. Pengaturan printer lebih detail bisa dilakukan melalui web UNIQ / back office.

Berikut cara melakukan pengaturan printer lebih detail melalui web UNIQ / back office.

  • Buka halaman Outlets lalu Printer untuk memulai setting printer dengan lebih detail.
  • Halaman ini akan menampilkan daftar printer yang sudah / pernah terkoneksi dengan device atau tab outlet.
  • Cari printer yang akan di setting lalu klik edit pada kolom action.
5. daftar printer
  • Setelah klik edit akan muncul halaman setting printer.
  • Max Print untuk mengatur maksimal nota bisa di cetak ulang atau reprint.
  • Print Receipt untuk mengatur berapa kali printer akan mencetak sebuah nota setiap ada transaksi yang selesai.
  • Ticket Name pada Print Order berguna untuk mengatur printer hanya mencetak produk dengan category tertentu.
  • Sebagai contoh Outlet A menggunakan 2 printer dapur, printer 1 untuk dapur makanan, dan printer 2 untuk dapur minuman, di UNIQ POS bisa mengatur printer 1 hanya mencetak menu makanan untuk dapur, dan printer 2 hanya mencetak menu minuman.
  • Terakhir Ticket Name pada Close Shift, berguna untuk mencetak laporan tutup kasir dengan isi laporan berupa informasi yang diperlukan saja untuk keperluan kasir.
  • Selanjutnya klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan.
6. setting printer di web

Printer sudah terpasang dan siap digunakan. Terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *