Mari kelola gaji dengan cara yang benar!

Siapa sih yang tak kenal gaji? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gaji adalah upah dari kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap, atau balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu.

Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi, dan karenanya disebut dengan biaya personel atau biaya gaji.

Agar tak terbuang dengan percuma gaji yang anda terima maka ahli perencana keuangan Bareyn Mochaddin  dari AAM & Associate memberikan tips bagaimana cara mengelola gaji.

Dari gaji yang anda peroleh, utamakan 40% sebagai pembiayaan kehidupan sehari-hari. Kemudian 10% dialokasikan sebagai dana sosial seperti sumbangan kepada korban bencana alam.

Selanjutnya 10% untuk kepentingan bersenang – senang seperti menonton film ataupun rekreasi ke tempat yang menyenangkan. Setelah itu 10% lagi sebagai dana inverstasi anda di masa mendatang.

Bareyn memberikan tips bahwa jika Anda ingin memiliki barang yang cukup mahal maka dengan cara cicil tetapi tidak melebihi 30% dari gaji yang anda terima.

Jika melebihi dari 30% maka kita harus mengorbankan kebutuhan yang lainnya.

Itulah tips yang telah kami berikan semoga bisa berguna untuk finansialmu dimasa depan!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *