Pengenalan Dasar Aplikasi UNIQ

  1. Install Aplikasi UNIQ POS pada Google Play.
  2. Buka dan Login owner / pemilik perusahaan (email dan password).
  3. Pilih outlet.
  4. Pilih Operator (operator bertugas sebagai penanggung jawab outlet).
  5. Masukkan PIN operator.
  6. Pilih shif dan masukan cash awal.
Gambar 1 Navigasi

7) Sudah masuk ke menu utama, langsung masuk ke-Navigasi(kiri atas garis 3). Pada Navigasi terdapat beberapa pilihan seperti :

  • Transaction : Halaman utama untuk melakukan traksaksi penjualan.
  • Transaction History : Untuk melihat riwayat transaksi, pada menu ini kasir / operator bisa melakukan PRINT atau REFUND dan dapat melihat riwayat transaksi pada shif, hari, bulan, tahun sebelumnya.
  • Cash Management : Untuk melakukan pencataan pengeluaran yang bersifat mendadak untuk keperluan outlet.
  • Close Cash Register : Untuk melakukan tutup kasir atau tutup shif.
  • Setting : Untuk melakukan setting pada printer. Pada menu ini terdapat

2 jenis setting printer, pertama “Printer” untuk mengatur printer yang terkoneksi dengan aplikasi, kedua “Printer Server” untuk mengatur printer dengan kondisi 1 printer dan harus 2 atau lebih aplikasi yang berhubungan dengan printer tersebut dalam 1 outlet.

Logout : Untuk keluar sebagai operator, atau untuk mengganti operator.

Gambar 2 Sub-menu.

  1. Pada tampilan menu utama terdapat sub menu yang terletak pada kanan atas (3 titik kebawah). Ada beberapa sub menu antara lain :

Pending Print

: Untuk melihat nota yang gagal di print.

Show Extra Menu

: Untuk menampilkan Extra Menu yang berada di sebelah kanan

  

tampilan produk.

Reservation

: Untuk melihat reservasi.

Run Out of Stock

: Untuk merubah menu atau mengelompokan menu dengan stok

  

yang hampir habis atau sudah habis.

Product Catalog

: Untuk menambahkan Catalog / Produk yang akan dijual.

Send Report : Untuk mengirim Log atau kegiatan sehari-hari dalam aplikasi jika ada error atau kesalahan sistem.

  1. Langkah awal atur printer, pilih Setting pada NavigasiSettingPrinter > Add Printer.
  2. Pilih Printer Type (Bluethooth, Wifi, dan USB), lalu tes printer dan masuk ke halaman Printer Setting.
  3. Atur ukuran kertas printer (58mm atau 72mm) dan pilih ON pada fitur printer di bawahnya (Print Kitchen, Print Close Shif, dan Print Reciept).
Gambar 3 : Halam Utama
  1. Kembali ke halaman utama atau halaman transaksi dengan pilih NavigasiTransaction. Dari kiri ke kanan, kategori produk, menu utama, extra menu, order summary.
  2. Ada beberapa jenis menu utama. Menu utama dengan varian menu, menu utama dengan Link (tambahan atau permintaan kusus dari pelanggan yang sudah kita siapkan pilihannya), dan menu utama dengan extra menu. Semua bisa dikombinasikan secara bersamaan.
Gambar 4 Order summary

14) Pada order summary ada beberapa fitur seperti :

  • Pending Bill : Berfungsi menyimpan pesanaan yang akan dibayar nanti setelah.
  • Table List : Berfungsi melihat daftar meja pada outlet tersebut.
  • Produk : Berfungsi untuk mengubah pesanan pada salah 1 produk (menambahkan Note, mengganti harga, mengganti jumlah beli, memberi diskon, memberi promo FREE) dan menyimpan perubahan tersebut dengan fungsi SAVE.
  • Edit : Berfungsi memberikan Taxes (diskon yang sudah di atur), diskon per nota, dan voucher per nota.
  • Payment : Berfungsi untuk memilih apakan order tersebut akan langusng di bayar (PAY) ? atau order tersebut disimpan dahulu (SAVE) ? atau mengulang order dari awal (RESET BILL) ?
Gambar 5 Payment.
  1. Saat melakukan Payment terdapat beberapa isian yang harus di isi oleh kasir / operator.

Pelanggan

: Isi nama pelanggan sebagai informasi laporan.

Jumlah Tamu

: Sebagai laporan pada report di webite maupun di WhatsApp.

Lama Antrian

: Berapa menit perkiraan pelaggan mendapatkan pesanannya.

PIN

: Diisi oleh kasir / operator, berfungsi agar tidak ada orang lain

yang dapat mengoprasikan aplikasi selain kasir / operator.

– Nomor meja pelanggan.

  1. Selanjutnya menuju halaman Payment dengan memilih fungsi PAYMENT -> PAY.
Gambar 6 Halaman payment.

17) Pada halaman Payment terdapat beberapa fitur seperti :

  • CASH : Untuk pembayaran tunai.
  • CARD : Untuk pembayaran dengan kartu ATM / uang elektronik (GoPay, OVO, dan lain-lain).
  • COMPLIMENT : Untuk pembayaran kusus dengan pelanggan adalah pemilik perusahaan sendiri.
  • PIUTANG : Transaksi dengan pembayaran bayar di kemudian hari.
  • DUTY MEALS : Untuk pembayaran kusus dengan pelanggan adalah pemilik perusahaan sendiri.
  • Send Receipt : Berfungsi mengirim nota pembelian dengan Email atau nomor WhatsApp
  • SPLIT BILL : Berfungsi untuk memisahkan satu nota menjadi beberapa nota.
  • Isian Dibayar : Jumlah yang harus dibayarkan pelanggan.
  • FINISH : Berfungsi untuk mengakhiri transaksi.
Gambar 7 Tutup kasir.
  1. Terakhir adalah tutup kasir atau tutup shif dengan memilih fungsi NavigasiClose Cash RegisterClose Cash Register.
  2. Pada menu ini kasir / operator harus memasukan jumlah uang Cash yang diterima dan menghitung uang Card yang diterima dari transaksi shif ini. Lalu centang pada pointprint daily recap” untuk mendapatkan rekap harian atau laporan gabungan dari shif sebelumnya pada hari ini.
  3. Setelah melakukan tutup kasir, muncul halaman Pilih Operator dan melakukan login sebagai operator atau penanggung jawab outlet, memilih shif dan lakukan transaksi lagi.
  4. Terimas Kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *