Tutorial Penggunaan Web UNIQ

Website UNIQ 

Web Uniq Pos adalah Back Office dari aplikasi UNIQ POS, dari web ini Owner dapat mengatur semua keperluan yang dibutuhkan di aplikasi Uniq Pos. Untuk memulai login, owner dapat membuka situs Uniq.id lalu pilih opsi MASUK atau langsung mengetikan link-nya client.uniq.id.

Gambar 18 Login Web Uniq Pos.

  1. Login menggunakan email dan password yang sudah dibuat.
  2. Login sukses dan muncul halaman utama serta beberapa menu navigasi seperti :

a. Menu Dashboard

Gambar 19 Halaman dashboard.

Halaman utama saat user berhasil login atau halaman dashboard menampilkan laporan penjualan dan laporan keuangan secara singkat pada setiap outlet. User dapat melihat laporan per hari, minggu, bulan, dan tahun serta dapat melihat laporan per outlet atau multi outlet. Beberapa laporan singkat pada halaman dashboard meliputi :

  • Cash Flow : Berisi laporan keuangan, total item yang terjual dalam nominal uang, dan pengeluaran.
  • Entertain Income : Berisi laporan total entertain(compliment, free, discount, voucher).
  • Grafik Sales : Berisi grafik penjualan per jam, income total, laporan total transaksi, laporan total pengunjung, dan pending income.
  • Top 10 Item : Berisi laporan 10 item terlaris dalam jumlah terjual dan total nominal yang terjual.
  • Sales by : Berisi laporan penjualan per produk dalam bentuk kategori.

b. Menu Reports

Halaman report memuat 2 jenis laporan yaitu laporan penjualan dan laporan stok. User dapat melakukan export data dalam format excel atau PDF dengan memilih fungsi “EXPORT” pada bagian kanan atas tabel. Laporan penjualan Uniq Pos terbagi menjadi beberapa jenis laporan seperti :

Sales Summary : Menu ringkasan penjualan harian, berisi laporan penjualan dalam bentuk sederhana. Pada halama ini terdapat 2 sub-menu, Sales Recap dan Detail. Sub-menu sales recap berisi laporan singkat harian, sedangkan detail berisi laporan harian secara detail.

Gambar 20 Report – Sales Summary – Detail.

Sales History : Riwayat penjualan, pada menu ini laporan dibuat per transaksi dan per produk sehingga sangat detail dalam untuk melihat 1 produk yang terjual. Pada menu ini terdapat 5 sub-menu, Transaksi, Sukses, Refund, Detail, dan Void. Transaksi untuk laporan per nota, sukses untuk laporan dengan status sukses, refund untuk laporan dengan status refund, dan void untuk laporan dengan statur void. Sub-menu detail adalah laporan dengan segala status baik sukses, refund, dan void, pada sub-menu ini laporan dibuat per produk. Gunakan fungsi filter pada atas tabel lalu pilih Apply untuk menampilkan data laporan sales history.

Gambar 21 Report – Sales History – Detail.

Closing Shif : Menu ringkasan penjualan berdasarkan shif, berisi laporan penjualan per shif dalam bentuk sederhana. Pada halama ini terdapat 2 sub-menu, Sales Recap dan Detail. Sub-menu sales rekap berisi laporan singkat per shif, sedangkan sub-menu detail berisi laporan per shif secara detail.

Gambar 22 Report – Closing Shift – Shift Recap.

Sales by : Laporan penjualan berdasarkan produk, kategori, pelayan / kasir, dan media pembayaran. Pada menu ini terdapat 5 sub-menu, yaitu Product, Category, Server, Server Detail, dan Media. Sales By Product berisi laporan penjualan berdasarkan produk, Category berisi laporan penjualan berdasarkan kategori produk, Server dan Server Detail berisi laporan penjualan berdasarkan kasir dengan bentuk laporan secara ringkas dan secara detail, Media berisi laporan pembayaran. Gunakan fungsi filter pada atas tabel lalu pilih Apply untuk menampilkan data laporan Sales By.

Gambar 23 Report – Sales By – Server Detail.

Entertain Sales : Laporan penjualan yang bersifat memangkas harga. Laporan ini dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu entertain sales discount, compliment, voucher, free, duty meals. Sub-menu ini menampilkan laporan dengan 5 jenis status yang membedakan antara sub-menu satu dengan yang lain. Gunakan fungsi filter pada atas tabel lalu pilih Apply untuk menampilkan data laporan Entertain Sales.

Gambar 24 Report – Entertain Sales -Discount.

Ranking : Laporan penjualan dengan ranking total jumlah produk yang terjual per shif, hari, bulan dan tahun.

Gambar 25 Report – Ranking.

Sales Analys : Laporan analisis penjualan, berisi informasi penjualan produk berdasarkan total jumlah terjual(QTY) atau nominal harga total terjual(Nominal). Pada laporan ini dibedakan menjadi 3 jenis analisis penjualan, yaitu per tanggal, jam, dan hari.

Gambar 26 Report – Sales Analys – Hours by QTY.

Tax & Gratuity : Laporan penjualan berdasarkan Taxes yang digunakan dalam bentuk laporan per transaksi.

Gambar 27 Report – Tax & Gratuity.

Report COGS : Laporan HPP atau Harga Pokok Penjualan, berisi laporan pendapatan dari setiap produk yang terjual.

Laporan stok adalah jenis laporan yang berikutnya, hanya terdapat 1 macam laporan, yaitu Stock Card. Stock Card adalah laporan yang berisi untuk melihat perjalanan stok produk pada outlet tertentu, terjadi penambahan stok, pengurangan stok, dan stok yang rusak.

Gambar 28 Report – Stock Card.

c. Menu Products

Halaman produk berfungsi untuk mengelola data(tambah, ubah, hapus) seperti kategori, produk atau katalog, mengelola resep, dan Taxes. Beberapa sub-menu pada halaman ini yaitu :

Type : Type dari produk yang akan dijual, user dapat menambahkan type dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama type dan kode yang bersifat opsional lalu pilih SAVE.

Gambar 29 Product – Type.

  • Category : Katerogi dari produk yang akan dijual, user dapat menambahkan kategori dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama kategori dan kode yang bersifat opsional lalu pilih SAVE.
  • Sub-Category : Sub-kategori dari produk yang akan dijual, user dapat menambahkan sub-kategori dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama sub-kategori dan kode yang bersifat opsional lalu pilih SAVE.
  • Purchase Report Category: kategori untuk laporan pembelian dari produk yang akan dijual, user dapat menambahkan kategori dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama kategori dan operasional cost(yes atau no) lalu pilih SAVE.
  • Unit : Unit atau satuan produk yang akan dijual, user dapat menambahkan satuan dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama satuan dan deskripsi satuan lalu pilih SAVE.

Gambar 30 Menambah unit atau satuan.

Catalogue : Berisi produk-produk yang dimiliki user, pada menu ini user dapa menambah, menghapus, dan mengubah produk.

Gambar 31 Product – Catalogue.

Breakdown : Berisi resep atau bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat satu produk. Breakdown adalah fitur opsional jadi tidak wajib bagi user menggunakan fitur ini dan disarankan menggunakan fitur ini jika user ingin mengetahui jumlah stok ingredients pada outletnya.

Gambar 32 Product – Breakdown.

Tax & Gratuity : Berisi menu yang mengelola taxes(diskon, voucher, tax, dan service) yang sudah di atur oleh user pada produk tertentu. User dapat menambahkan taxes dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama taxes, category taxes, status(permanent untuk taxes yang bersifat permanen, temporary active untuk taxes yang bersifat aktif tapi bisa di non-aktifkan, dan temporary de-active untuk taxes yang bersifat non-aktif tapi bisa diaktifkan), tipe tax, dan besaran taxes yang diberikan, lalu pilih SAVE untuk menyimpan taxes tersebut.

Gambar 33 Menambah Tax & Gratuity.

d. Menu Purchase

Halaman untuk mengelola pembelian produk, supplier, piutang, transfer barang, dan pengeluaran. Beberapa sub-menu yang ada adalah :

Supplier : Halaman untuk mengelola informasi supplier. Supplier dapat ditambahakan melalui Aplikasi Uniq Pos dan Web Uniq Pos. menambahkan melalui web dengan memilih “+Add New”. Muncul form dan isikan beberapa form tersebut. Simpan informasi supplier dengan memilih Add pada bagian kanan bawah form.

Gambar 34 Purchase – Supplier.

Purchase : Halaman untuk mengelola pembelian produk pada supplier. Sub- menu purchase terbagi menjadi 4 halaman. Purchase Order untuk melakukan pemesanan produk dari outlet ke gudang / owner. Purchase Products untuk melakukan pencatatan produk datang ke outlet dari supplier, pilih “+Add New” untuk menambahkan daftar produk yang datang. Purchase Confirm untuk melakukan konfirmasi jumlah barang yang datang sudah sesuai dengan yang outlet pesan, pilih aksi Confirm pada kolom sebelah kanan lalu masukan jumlah barang yang sudah datang. Terakhir Retur untuk melakukan pencatatan barang rusak karena proses pengiriman menuju outlet.

Gambar 35 Purchase – Purchase – Purchase Products.

Purchase Detail : Halaman untuk mendata informasi outlet yang melakukan purchase(supplier, jumlah produk, dan karyawan yang bertanggung jawab). Pada halaman ini terbagi menjadi 3 laporan informasi, yaitu Ingredients Detail untuk catalogue type ingredients, Equipments Detail untuk catalogue type equipment, dan Products Detail untuk catalogue type product.

Gambar 36 Purchase – Purchase Detail – Ingredients Detail.

Debt : Halaman untuk mengelola piutang. Pada halaman ini terbagi menjadi 2 jenis halaman seperti, Debt List untuk melihat data piutang outlet dan Debt Payment untuk mendata piutang yang sudah dibayar atau sudah lunas.

Gambar 37 Purchase – Debt – Debt List.

Transfer : Fitur transfer digunakan untuk memindahkan barang dari outlet 1 ke outlet yang lain. Jika user memiliki banyak outlet dan banyak bahan atau produk untuk dikelola, sebaiknya gunakan fitur ini untuk memindahkan barang dari outlet dengan stok berlimpah ke outlet dengan stok kurang. Pilih fungsi “+Add New” dan isi nama produk, jumlah, outlet awal dan outlet tujuan, lalu pilih Save untuk mendata barang yang sudah di transfer. Pilih fungsi “Confrim” untuk melakukan konfirmasi dengan akun outlet yang dituju dan masukan jumlah barang yang sampai pada tujuan.

Gambar 38 Purchase – Transfer.

Operasional : Halaman untuk mencatat pengeluaran outlet selain purchase produk. User dapat menambahan operasional dengan memilih fungsi “+Add New” dan isi beberapa isian yang ada pada form Input

Operasional Cost atau menambahkan langsung melalui Aplikasi Uniq Pos  NavigasiCast Management.

Gambar 39 Purchase – Operasional.

e. Menu Stock

Halaman untuk mengelola stok barang dan melalukan stock opname. Beberapa submenu yang ada adalah :

Stock Estimation : Halaman untuk mengatur perkiraan stok pada hari tertentu dan outlet tertentu untuk produk tertentu. Terdapat 2 tabel pada halaman ini, tabel sebelah kiri merupakan daftar perkiraan hari dan outlet, tabel sebelah kanan merupakan daftar produk yang aktif untuk perkiraan hari dan outlet dari tabel diseelah kiri.

Gambar 40 Stock – Stock Estimation.

Stock Summary : Ringkasan stok yang mendata stok dalam bentuk daftar, mulai dari open stock, purchase, retur, sales, refund, spoil, transfer, closing stock, dan estimation alert. Pada menu ini terdapat 2 sub-menu yaitu Products & Ingredients dan Equipments, 2 sub-menu ini memiliki tampilan yang sama hanya berbeda pada isi Catalogue Type (products, ingredients, dan equipments).

Gambar 41 Stock – Stock Summary – Products & Ingredients.

Opname : Halaman untuk melakukan kalkulasi ulang stot, terdapat 3 sub- menu pada halaman ini, yaitu Opname & Inventory, Stock Opname (Products & Ingredients), dan Equipment Inventory(Equipments). Sub-menu Opname & Inventory adalah menu untuk melakukan kalkulasi ulang stok, sementara sub-menu Stock Opname dan Equipment Inventory adalah menu yang menampilkan daftar produk saat melakukan kalkulasi ulang, menurut catalogue type masing- masing. User dapat melakukan kalkulasi ulang dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas.

Gambar 42 Stock – Opname – Stock Opname.

Spoil : Halaman untuk mendata barang yang rusak(kadaluarsa, pecah, dan lain-lain), terdapat 3 sub-menu pada halaman ini, yaitu Damage, Products & Ingredients, dan Equipment. Sub-menu Damage adalah menu untuk menambahkan produk rusak karena kesalahan karyawan atau kadaluarsa, sementara sub-menu Products & Ingredients dan Equipment adalah menu yang menampilkan daftar produk yang rusak, menurut catalogue type masing-masing. User dapat melakukan kalkulasi ulang dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas.

Gambar 43 Stock – Spoil – Products & Ingredients.

f. Menu Outlets

Halaman untuk mengelola outlet, device, printer, dan subscribe. Beberapa submenu yang ada adalah :

Outlet List : Berisi daftar outlet yang dimiliki user, user dapat menambahkan daftar outlet dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan Basic Information, More Information yang bersifat opsional, Outlet Feature, dan Receipt Information lalu pilih SAVE untuk menyimpan outlet tersebut. Pada Outlet Feature user perlu mencentang apa saja yang dapat dilakukan pada outlet tersebut atau disebut juga sebagai Role Outlet. Pengaturan Role Outlet mempengaruhi tampilan dan alur pada Aplikasi Uniq Pos.

Gambar 44 Menambah outlet baru.

Shift : Shif atau jam kerja yang akan berlaku pada suatu outlet, user dapat menambahkan shif dengan memilih “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah melakukan aksi tersebut, user perlu mengisikan nama Shif dan Outlet. Memberi shif pada outlet baru, pilih fungsi Edit pada barisan shif yang akan ditambahkan pada outlet tersebut, lalu pada isian “Outlet” tambahkan outlet yang baru.

Gambar 45 Menambahkan shif pada outlet.

Payment Media : Pilihan media pembayaran yang ada pada outlet tersebut, media yang disediakan adalah Cash, Card, Piutang, Compliment, Duty Millst. Cara mengaktifkan media pada outlet dengan cara memilih aksi “Active Outlet” pada kolom sebelah kanan.

Gambar 46 Mengaktifkan media pembayaran pada outlet.

Bank Account : Daftar media Card, pembayaran menggunakan uang elektronik atau rekening bank. User dapat menambahkan bank account dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisikan nama bank, nomor akun(sebagai kode yang membedakan bank 1 dengan bank lain), dan active on outlet(outlet mana yang dapat menggunakan pembayaran elektronik bank ini) lalu pilih SAVE untuk menyimpan informasi bank account tersebut.

Gambar 47 Menambahkan bank akun pada pembayaran Via Card.

Devices : Daftar perangkat yang mengoprasikan Aplikasi Uniq Pos pada outlet owner. Perangkat dapat di-Logout oleh owner melalui aksi Logout pada kolom sebelah kanan.

Gambar 48 Outlet – Devices.

Printer : Daftar printer yang terhubung dengan perangkat Aplkasi Uniq Pos pada setiap outlet. Owner dapat mengatur setting printer dengan memilih aksi edit pada kolom sebelah kanan. Perubahan yang dapat dilakukan seperti mengubah nama printer, ukuran kertas, print receipt(print nota pelanggan), print production / order(print dapur), print label, print closing shift(print tutup shif).

Gambar 49 Setting printer pada web.

g. Menu Employees

Halaman untuk mengelola informasi, jabatan dan hak akses karyawan. Pada menu ini ada 2 sub-menu yaitu Crew List dan Crew Position.

Crew List : Daftar pegawai yang bertanggung jawab menggunkan Aplikasi Uniq Pos atau Website Uniq Pos dengan Role employee atau pegawai. Tentu tampilan akan sama dengan tampilan Admin atau Owner dengan beberapa fitur rawan tidak bisa diakses oleh pegawai, dan role dapat disesuaikan dengan kebutuhan pegawai yang ada dimasing-masing outlet. User dapat menambahkan pegawai dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisi nama pegawai, alamat, nomor HP, outlet(pada outlet mana saja pegawai dapat

login), jabatan, dan akses mode(web akses dan mobile akses) lalu pilih SAVE untuk menyimpan informasi pegawai tersebut.

Selanjutnya atur role pegawai dengan memilih aksi “Role” pada kolom sebelah kanan. Role akan mempengaruhi hak akses pada setiap pegawai.

Gambar 50 Menambahkan pegawai.

Crew Position : Daftar jabatan yang ada pada outlet Owner, jabatan dapat

ditambahkan dengan memilih fungsi “+Add New” pada bagian kanan atas. Muncul form setelah memilih fungsi tersebut, user perlu mengisi Nama Jabatan, Level Jabatan, Web Role, dan Mobile Role lalu pilih SAVE untuk menyimpan informasi jabatan tersebut. Fungsi level adalah untuk membedakan tingkatan jabatan, pada level bawah tidak dapat mengubah informasi pegawai lain dengan level diatas mereka. Web Role dan Mobile Role adalah hak akses yang diberikan pada setiap jabatan, setiap jabatan memiliki role masing-masing tergantung kebutuhan jabatan pada outlet tersebut.

Gambar 51 Menambahkan jabatan pada outlet.

h. Menu Settings

Halaman untuk mengelola atau mengatur akun, profil bisnis, reset data, billing, dan subscribe, halaman ini terletak pada navigasiprofileSettings. Tampilan akan berubah saat diakses menggunakan akun karyawan atau employee, untuk akun owner tampilan lengkap sedangkan akun employee hanya ada sub-menu Account. Beberapa sub-menu pada halaman ini adalah :

Account : Halaman untuk mengganti informasi akun user termasuk email dan password untuk login di Web Uniq Pos.

Gambar 52 Profile – Settings – Account.

Business : Halaman untuk mengatur fitur bisnis user, terdapat 3 sub-menu yaitu, Business Profile, Report Notifications, dan Sosial Connect. Business Profile untuk mengatur nama bisnis user dan mengatur tampilan keuangan pada Web maupun Aplikasi Uniq Pos. Report Notification untuk mengatur laporan via WhatsApp, user dapat menambahkan nomor lain untuk mendapatkan laporan harian via WhatsApp, sedangkan Sosial Connect untuk laporan transaksi pada pelanggan dari nomor utama user atau nomor perusahaan.

Gambar 53 Profile – Settings – Business Profile.

Reset Data : Berfungsi untuk menghapus transaksi pada outlet tertentu dan range tanggal tertentu. Pilih outlet dan range tanggal untuk melakukan reset data serta masukan password user lalu pilih “Reset Data”. User akan mendapat konfirmasi email, buka link pada email dan lakukan konfirmasi ulang, data transaksi berhasil dihapus.

Gambar 54 Profile – Settings – Reset Data.

Billing : Daftar langganan user pada Uniq Pos.

Gambar 55 Profile – Settings – Billing.

Subscribtion : Halaman untuk melakukan langganan pada Uniq Pos.

Gambar 56 Profile – Settings – Subscribtion.

i. Sign Out

Sign Out berfungsi untuk keluar dari akun Web Uniq Pos, terletak pada halaman navigasiprofileSign Out.

2. Menambah Produk / Catalog Dari Web

  1. Pertama buka Web Uniq Pos lalu pilih NavigasiProductCatalogue+Add New.
  2. Muncul form setelah melakukan aksi tersebut.
  3. Kedua isi form tersebut, catalogue type, type, category, sub-category, unit, purchase report category, dan outlet.

Gambar 57 Contoh pengisian form tambah produk.

  1. Jika tidak ada pilihannya, user perlu membuat terlebih dahulu dengan memilih fungsi

“ + ” pada bagian kanan judul form isian. Isi sesuai dengan tema outlet yang dimiliki.

  1. Stock Management hanya ada 2 pilihan, On atau Off. Pilih On untuk produk yang ada stoknya (gula, garam, kertas, kain, minyak, dan lain-lain ). Pilih Off saat produk tersebut tidak memiliki stok atau produk hasil olahan.
  2. Isian yang bersifat opsional dapat diisi atau tidak diisi.
  3. Tax & Gratuity, centang jika produk tersebut menggunakan taxes.
  4. Menu Active terdapat 4 pilihan, Active On Sales untuk menu yang hanya aktif untuk transaksi penjualan. Active on Link menu yang hanya aktif di menu link / menu tambahan. No Active menu yang tidak tampil di halaman utama dan tidak aka nada transaksi yang menjual produk tersebut (produk tidak dijual). Active All menu yang aktif di semua jenis menu active.
  5. Variant hanya ada 2 pilihan, No atau Yes. Pilih No jika produk tidak memiliki varian dan pilih Yes jika produk memiliki varian. Muncul tampilan baru saat varian dipilih

Yes, pilih “+Add” pada sisi kanan tabel untuk menambahkan varian. Isi nama varian, harga beli dan harga jual produk.

  1. Untuk produk yang tidak memiliki varian, langsung isi harga beli dan harga jual produk.

Gambar 58 Simpan produk.

  1. Terakhir pilih Save untuk menyimpan produk.
  2. Produk baru berhasil ditambahkan.

3. Melakukan Export Import Products

Fitur Export Import Product digunakan untuk mempermudah user dalam mencetak daftar produk dan mengunggah produk dalam jumlah banyak. Terdapat 3 fitur export import yaitu Product, Link Menu, dan Multiple Price.

a. Export Import Products

  1. Buka Web Uniq Pos lalu pilih NavigasiProductCatalogueExport & Import Products.
  2. Muncul form setelah melakukan aksi tersebut, untuk export pilih format yang disediakan dan outlet(daftar produk saja).
  3. Untuk import, pertama unduh template atau format penulisan yang sudah diatur oleh tim Uniq Pos.

Gambar 59 Form download import.

4. Tamplate dalam format excel, dalam tamplate tersebut terdapat beberapa contoh pengisian.

Gambar 60 Template import product.

  1. Kedua, user hanya perlu mengisi baris ke-2 kebawah, isi excel sesuai contoh yang diberikan.
  2. Pengisian jumlah karakter adalah 30 untuk nama produk, tipe, dan kategori, 10 untuk nama unit, dan 50 nama, SKU, dan Barcode varian.
  3. Kolom yang bersifat “Opsional” (pada judul kolom) dapat diisi atau tidak diisi.
  4. Keterangan Y berarti “Yes” dan N berarti “No”.
  5. User tidak diperbolehkan untuk mengubah template yang ada walaupun menghapus tanda koma pada judul kolom.

Gambar 61 Contoh pengisian template import product.

  1. Ketiga, simpan data dengan format sama saat melakukan pengunduhan template(.xlsx).
  2. Keempat, import file dengan memilih “Select File to Import” pada form export import product.
  3. Pilih outlet dan taxes yang aktif di produk tersebut, lalu pilih fungsi “Import!”.

Gambar 62 Form immport product.

  1. Terakhir cek produk pada Aplikasi Uniq Pos.
  2. Produk berhasil ditambahkan.

b. Export Import Link Menu

  1. Buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Product Catalogue Export & Import Link Menu.
  2. Muncul form baru, untuk export pilih “Download Template (.csv)”.

Gambar 63 Form export import link menu.

  1. Untuk import gunakan template export yang sudah diunduh.
  2. Template dalam format excel, dalam template tersebut isian yang harus diisi.
  3. Pertama isi kolom D diisi nama link / tambahan, kolom E diisi urutan link(angka), dan kolom F untuk Multiple Choice, Y untuk “Yes” dan N untuk “No”.
  4. Multiple Choice berfungsi untuk memilih lebih dari 1 link / tambahan.
  5. Kedua isi kolom G dengan produk link menu, gunakan nama produk yang sudah ada pada daftar nama produk sebelah kiri. Kolom J diisi harga tambahan untuk produk link tersebut.
  6. Isi kolom berikutnya seperti pada kolom G dan J sesuai judul kolom yang ada.

Gambar 64 Contoh pengisian link menu.

  1. Ketiga, user hanya perlu mengisi baris ke-2 kebawah.
  2. Kolom yang bersifat “Opsional” (pada judul kolom) dapat diisi atau tidak diisi.
  3. User tidak diperbolehkan untuk mengubah template yang ada walaupun menghapus tanda koma pada judul kolom.
  4. Keempat hapus produk yang tidak ditambahkan link menu, daftar produk yang ada di excel hanya produk dengan link menu.
  5. Kelima, simpan data dengan format sama saat melakukan pengunduhan template(.csv).
  6. Keenam, import file dengan memilih “Select CSV File” pada form import link menu.
  7. Pilih outlet, lalu pilih fungsi “Import!”.

Gambar 65 Pengisian form Import.

  1. Terakhir cek produk pada Aplikasi Uniq Pos.
  2. Link menu berhasil ditambahkan.
  3. Terima kasih.

c. Export Import Multiple Price

  1. Buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Product Catalogue Export & Import Multiple Price.
  2. Muncul form baru, untuk export pilih “Download Template (.csv)”.
  3. Untuk import gunakan template export yang sudah diunduh.
  4. Template dalam format excel, dalam tamplate tersebut isian yang harus diisi.
  5. Pertama isi kolom D diisi jumlah produk dan kolom E diisi harga satuan jika pelanggan membeli sejumlah produk yang sudah diatur.
  6. Multiple price hanya mengisi 2 kolom, untuk mengisi kolom selanjutnya mengikuti aturan pada kolom D dan E, dengan jumlah produk dan harga satuan berbeda.
  7. Kedua, user hanya perlu mengisi baris ke-2 kebawah.
  8. Kolom yang bersifat “Opsional” (pada judul kolom) dapat diisi atau tidak diisi.
  9. User tidak diperbolehkan untuk mengubah template yang ada walaupun menghapus tanda koma pada judul kolom.

Gambar 66 Contoh pengisian template import multiple price.

  1. Ketiga hapus produk yang tidak ada multiple choice, daftar produk yang ada di excel hanya produk dengan multiple price.
  2. Keempat, simpan data dengan format sama saat melakukan pengunduhan template(.csv).
  3. Kelima, import file dengan memilih “Select CSV File” pada form import multiple choice.
  4. Pilih outlet, lalu pilih fungsi “Import!”.

Gambar 67 Form import multiple price.

  1. Terakhir cek produk pada Aplikasi Uniq Pos.
  2. Multiple choice berhasil ditambahkan.
  3. Terima kasih.

4. Ubah Varian

  1. Pertama buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Product Catalogue  pilih action edit(action nomor 2 dari kanan).
  2. Muncul form Edit Data Product lalu pilih Detail(kiri bawah pada form).

Gambar 68 Form edit produk.

  1. Muncul form kedua Edit Data Product lebih detail.
  2. Kedua pilih outlet pada produk tersebut, ubah form “*Variant” menjadi “Yes” 5. Ketiga pilih “+Add” pada atas tabel *Variant, isi nama varian harga beli dan harga jual.
  3. Pilih “+Add” lagi untuk nama varian kedua, ketiga, dan seterusnya.
  4. Terakhir simpan perubahan pada produk tersebut dengan memilih fungsi Save pada bagian kanan bawah form.

Gambar 69 Menambahkan varian pada produk.

  1. Varian berhasil diubah.
  2. Terima kasih.

5. Menambah Breakdown

  1. Pertama buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Product Breakdown.
  2. Cari produk yang akan diberi breakdown atau resep dengan fungsi “Search” pada kanan atas tabel sebelah kiri.
  3. Kedua pilih aksi Show pada kolom sebelah kanan, tabel kiri.
  4. Pilih “+Add New” pada tabel sebelah kanan.
  5. Muncul form Add Breakdown Product.
  6. Pada tabel sebelah kanan pilih outlet dan varian produk yang akan ditambahkan breakdown.
  7. Ketiga cari ingredients atau produk yang akan dijadikan resep untuk produk tersebut dengan memilih “Add” pada kolom paling kanan di tabel sebelah kiri.
  8. Tambahkan QTY pada kolom sebelah kanan(dalam bentuk angka).
  9. Terakhir simpan perubahan pada produk tersebut dengan memilih fungsi Save pada kanan bawah.
  10. Cek informasi resep pada sub-menu breakdown kolom sebelah kanan dengan memilih outlet dan varian yang sudah ditambahkan.
  11. Breakdown berhasil ditambahkan.
  12. Terima kasih.

6. Menambahkan Purchase Product

  1. Pertama buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Purchase Purchase Products +Add New(kanan atas).
  2. Kedua isi form Input Purchase secara lengkap.
  3. Invoice diisi nama invoice, pilih nama barang.
  4. Pada kolom unit nota pilih unit besar untuk produk tersebut seperti balok, kilogram, kardus, liter, dan seterusnya.
  5. Pada kolom QTY Stock masukan jumlah produk dalam satuan kecil seperti batang, gram, pcs, deciliter atau milliliter, dan seterusnya. (Ada berapa pcs dalam 1 kardus produk tersebut).
  6. Isi kolom Diterima dengan menghitung barang yang diterima oleh outlet tersebut. Jika barang kurang lakukan Purchase Confirm pada halaman berikutnya.
  7. Pilih fungsi Add untuk menambahkan barang tersebut.
  8. Lalu bayar sesuai pembayaran yang dilakukan dengan Cash, Card, atau Jatuh Tempo lalu Save.
  9. Purchase product berhasil ditambahkan.
  10. Terima kasih.

7. Melakukan Stock Opname

  1. Pertama buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Stock Opname Opname & Inventory +Add New(kanan atas).
  2. Pilih outlet lalu pilih Mulai Opname.
  3. Pada sisi kiri terdapat daftar nama produk dan sisi kanan detail produk.
  4. Kedua cari daftar nama produk yang akan tambahkan stok dengan memasukkan nama produk / barcode lalu enter.
  5. Ketiga produk tersebut akan otomatis ke sisi detail produk, user perlu mengisikan jumlah stok yang dihitung manual.
  6. Stok ini akan menjadi stok open atau stok yang benar.
  7. Keempat simpan perubahan stok dengan memilih fungsi Save Opname pada sisi kanan atas.
  8. Terakhir periksa stok pada sub-menu stock summary.
  9. Stock Opname berhasil ditambahkan.
  10. Terima kasih.

8. Menambahkan Barang Rusak (Spoil)

  1. Pertama buka Web Uniq Pos lalu pilih Navigasi Stock Spoil Damage +Add New(kanan atas).
  2. Pada sisi kiri terdapat daftar outlet serta nama produk dan sisi kanan detail produk.
  3. Kedua cari daftar nama produk yang rusak memasukkan nama produk / barcode lalu enter.
  4. Ketiga produk tersebut akan otomatis ke sisi detail produk, user perlu mengisikan jumlah stok yang rusak dan keterangan kenapa produk tersebut rusak.
  5. Keempat simpan perubahan stok dengan memilih fungsi Save pada sisi kanan bawah.
  6. Masukan password user.
  7. Terakhir periksa stok pada sub-menu stock summary.
  8. Barang rusak berhasil ditambahkan.
  9. Terima kasih.

9. Melakukan Subscribe Pada UNIQ Pos

Subscribe adalah halaman untuk melakukan langganan pada Uniq Pos. Langganan berupa jumlah device yang menggunakan Aplikasi Uniq Pos. Langganan terbagi menjadi 5 jenis, jenis pertama adalah Trial pada jenis ini user mendapatkan Free Trial menggunakan Aplikasi Uniq Pos selama 3 Bulan. Jenis yang kedua adalah Langganan Bulanan, pada jenis ini user melakukan Langganan Baru 1 Bulan untuk mendapatkan akses 1 bulan menggunakan Aplikasi Uniq. Jenis yang ketiga adalah Langganan Tahunan, pada jenis ini user melakukan Langganan Baru 1 Tahun untuk mendapatkan akses 1 tahun menggunakan Aplikasi Uniq. Jenis yang keempat adalah Langganan Bulanan – Perpanjang, pada jenis ini user melakukan Langganan Perpanjang 1 Bulan untuk mendapatkan akses 1 bulan menggunakan Aplikasi Uniq. Jenis yang terakhir adalah Langganan Tahunan – Perpanjang, pada jenis ini user melakukan Langganan Perpanjang 1 Tahun untuk mendapatkan akses 1 tahun menggunakan Aplikasi Uniq. Harga langganan bulanan adalah Rp. 149.000 dan harga langganan tahunan adalah Rp. 1.188.000 atau Rp. 99.000 per bulan. Jika user berlangganan dalam masa trial maka hitungan langganan dimulai saat masa trial habis. Proses berlangganan dilakukan di Web Uniq Pos dan hanya owner yang memiliki hak akses tersebut, cara melakukan Subscribe atau berlangganan Uniq Pos :

  1. Buka Web Uniq Pos
  2. Pilih NavigasiProfileSettingsSubscribtionAdd New Subscribe(sisi kanan).
  3. Muncul halaman baru setelah melakukan aksi tersebut, sisi kiri adalah form layanan atau pilihan jenis langganan, masukan QTY sesuai dengan jumlah outlet yang dimiliki, sisi kanan adalah detail langganan yang sudah dipilih.
  4. Lalu pilih fungsi “Add to Cart” untuk menambahkan jenis langganan tersebut.
  5. Pada tabel sebelah kanan centang Terms & Conditions dan pilih fungsi “Complete Order”.
  6. Muncul form detail subscribe atau billing information.
  7. Selanjutnya lakukan pembayaran ke Rekening BCA(1690997777) atas nama PT. Aplikasi Uniq Indonesia.
  8. Pilih fitur “Invoice Klik Disini” pada form tersebut untuk mendapatkan invoice dalam bentuk dokumen siap print.
  9. Selanjutnya kirim foto bukti pembayaran ke Contact Service Uniq (0817 1717 2171) untuk diproses lebih lanjut oleh Tim Uniq.
  10. Owner akan mendapat email dari Tim Uniq berisi informasi pembayaran sukses.
  11. Berhasil menambahkan subscribe atau berlangganan.
  12. Terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *